INDONESIANEWS.TV – JAKARTA: Gubernur  DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan arahan pada acara  pengukuhan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Periode 2020-2022 DKI Jakarta yang digelar secara virtual. Bunda PAUD merupakan predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintahan dan kepala daerah yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan anak usia dini (PAUD).

Gubernur Anies mengingatkan kembali komitmen Indonesia untuk melakukan perluasan akses pendidikan, salah satunya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dinilai bisa mengembangkan karakter anak sebelum masuk ke Taman Kanak-Kanak atau Sekolah Dasar. “Saya minta, setelah kepengurusan Bunda PAUD dikukuhkan, maka langsung bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Anies di Balaikota, Kamis (7/1). Ketua pengurus Bunda PAUD DKI Jakarta adalah Fery Farhati yang tak lain adalah istri Anies.

“Kita semua tahu pentingnya pendidikan PAUD. Komitmen itu ditandatangani pada 2015 di World Education Forum di Korsel. Disana disampaikan komitmen di tahun 2030, setiap anak di Indonesia mendapatkan pendidikan minimal satu tahun sebelum masuk Sekolah Dasar. Komitmen ini harus kita laksanakan,” ujar Anies.

Menurut Anies, pihaknya akan secara serius mengembangkan PAUD di Ibukota. Hal ini ditunjang dengan kesiapan Jakarta dalam memenuhi komitmen untuk memberikan akses seluas-luasnya bagi tumbuh kembang PAUD. “Jakarta paling siap secara infrastukturnya,  karena itu kita harus secara serius mengembangkannya. Pertama, eksplisitkan komitmen bahwa setiap anak di Jakarta harus mendapat pendidikan usia dini, artinya terjemahkan itu di setiap kota hingga RT-RW. Program kegiatan nanti Dinas Pendidikan harus berikan porsi yang cukup,” pesannya.

Anies juga mengamanatkan kepada Pokja Bunda PAUD yang baru saja dikukuhkan untuk melakukan review wilayah mana saja yang membutuhkan akses PAUD. “Ke depan kita perlu pastikan akses pendidikan anak usia dini ada di mana-mana. Saya berharap para Bunda PAUD melakukan review wilayah mana saja yg kekurangan. Kekurangan ini jadi target operasi untuk operasi pengadaan PAUD di tempat itu,” pungkasnya. (joko)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.