INDONESIANEWS.ID -MEDAN: Kapolda Sumut Irjen Pol.Drs.Martuani Sormin M.Si mengatakan, Sumatera Utara menjadi provinsi yang daerahnya terbanyak mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Hal itu dikatakan Kapoldasu Irjen Martuani Sormin saat menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Komisi III DPR-RI di Mapoldasu, Kamis (12/11).
Dijelaskan, dengan banyaknya daerah di Sumut yang melakukan pemilihan kepala daerah, ada tiga daerah rawan yakni Kabupaten Nias Selatan. Yang kedua daerah rawan yakni Kota Medan.

“Selain itu, ada satu lagi daerah yang dinilai rawan pada Pilkada serentak yang jatuh pada tanggal 9 Desember 2020. “Kabupaten Tapsel,” katanya.

Die menegaskan, untuk pengamanan Pilkada, Kepolisian dibantu TNI akan memaksimalkan kekuatan. Daerah yang dianggap rawan akan ditambahkan pengamanannya termasuk untuk pasangan calon.

Kapoldasu juga menyampaikan bahwa Polri dan TNI siap menjaga netralitas dalam menghadapi Pilkada di 23 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Dengan tegas Martuani mengatakan, apabila ada personil yang kedapatan berpihak kepada salah satu calon kepala daerah maka dirinya tidak ragu-ragu lagi memberikan sanksi tegas.

“Apabila ada personil yang tidak netral maka akan kami kenakan perkara disiplin dan kode etik,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan, terkait adanya beberapa daerah yang rawan saat Pilkada serentak, pihaknya akan menambah personil untuk melakukan pengamanan di TPS. “Kita sudah lakukan langkah-langkah atau antisipasi guna menghindari keributan,” ucap dia.

Selain itu, Polda Sumut dan Polres sejajaran juga telah melakukan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga Kamtibmas dari rangkaian awal hingga akhir Pilkada 2020. “Kita mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan, hingga Pilkada berjalan lancar, sukses dan damai,” katanya.
Di Sumut sendiri ada 23 daerah yang akan melakukan Pemilihan Kepala Daerah yakni:

1 Kota Medan2. Kota Binjai3. Kabupaten Serdang Bedagai4. Kota Pematang Siantar5. Kabupaten Simalungun6. Kabupaten Asahan7. Kota Tanjung Balai8. Kabupaten Karo9. Kabupaten Pakpak Bharat10. Kabupaten Labuhanbatu Utara11. Kabupaten Labuhanbatu12. Kabupaten Labuhanbatu Selatan13. Kabupaten Toba Samosir14. Kabupaten Samosir15. Kabupaten Humbang Hasundutan16. Kota Sibolga17. Kabupaten Mandailing Natal18. Kabupaten Tapanuli Selatan19. Kota Gunung Sitoli20. Kabupaten Nias21. Kabupaten Nias Utara22. Kabupaten Nias Barat23. Kabupaten Nias Selatan(jos)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.