INDONESIANEWS.TV – AMSTERDAM: Jelang digelarnya Piala Eropa 2024, pertandingan ujicoba Belanda melawan Skotlandia berakhir dengan skor telak 4-0. Pertandingan digelar di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, pada Sabtu (23/3/2024) dinihari WIB.

Belanda awalnya menghadapi perlawanan sengit lawan. Namun, De Oranje menang berkat gol Tijjana Reijnders, Georginio Wijnaldum, dan dua pemain pengganti Wout Weghorst serta Donyell Malen.

Peluang terbaik pertama didapat Skotlandia di menit ke-17. Umpan silang Billy Gilmour dari sayap kanan disambut Ryan Christie dengan tandukan. Mark Flekken menepis ke atas, bola mengenai mistar gawang Belanda sebelum diamankan.

Skotlandia mengancam lagi setelah laga bergulir setengah jam. Sebuah crossing dari sayap kanan disambut Jhon McGinn dengan sontekan dari depan gawang, bola melambung tinggi.

Di tengah kesulitan menciptakan tembakan, Belanda justru mencetak gol. Pada menit ke-40, Tijjani Reijnders menciptakan gol spektakuer untuk membuka skor.

Sodoran Cody Gakpo di sisi kiri diteruskan Reijnders dengan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola meluncur deras ke sudut atas gawang Skolandia sekaligus mengubah skor 1-0.

Usai turun minum, Belanda nyaris memperbesar skor. Memphis Depay menerima bola, membalikkan badannya sebelum melepaskan tembakan mendatar. Kiper Angus Gunn melakukan penyelamatan gemilang.

Skotlandia melakukan serangan balik. McGinn melepaskan sepakan keras yang diselamatkan Flekken.

Skotlandia hampir mencetak gol balasan di menit ke-61. Lawrence Shankland merebut bola dari Max Wieffer, dan terbebas di depan. Sayang sekali penyelesaiannya hanya membentur mistar gawang.

Hanya 11 menit berselang, Belanda memperbesar keunggulannya. Georginio Wijnaldum mengubah skor menjadi 2-0.

Umpan silang Gakpo dari sisi kiri dituntaskan Wijnaldum dengan tandukan keras, yang tak mampu ditahan Angus Gunn.

Skotlandia membalas pada menit ke-75. Scott McTominay meneruskan sebuah umpan silang dari kanan dengan sundulan. Bola melebar tipis dari gawang Belanda.

Memasuki 10 menit terakhir, Gakpo mencoba peruntungannya dari dekat area D. Gakpo melakukan tendangan melekung, bola masih melebar.

Belanda akhirnya menciptakan gol ketiganya. Pemain pengganti Wout Weghorst menjadikan kedudukan 3-0 pada menit ke-84. Dari sepak pojok Joey Veerman di sayap kiri, Weghorst meneruskan bola lambung dengan tandukan di tiang dekat.

Dua menit berselang, Donyell Malen menggenapkan kemenangan Belanda menjadi 4-0. Umpan mendatar Reijnders diterima Malen di kotak penalti. Malen mengalahkan dua penjaganya sebelum menuntaskan dengan sontekan ke arah tiang jauh.

Belanda membuang peluang mencetak gol kelimanya jelang laga rampung. Malen mengirim umpan matang yang membebaskan Veerman di depan. Namun saat tinggal berhadapan dengan Dunn, penyelesaian Veerman justru melambung. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.