JAKARTA: Menjelang arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024 . Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan mengoperasikan Posko Kesehatan di Terminal Lebak Bulus untuk memberikan layanan selama 2 Minggu, yakni sejak 3-18 April 2024.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Yudi Dimyati mengatakan, layanan di Posko Kesehatan Terminal Lebak Bulus beroperasi mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

“Calon pemudik maupun awak bus bisa memanfaatkan posko ini untuk memeriksakan kondisi kesehatan sebelum melakukan perjalanan jauh,” ujar Yudi Dimyati, Rabu (3/4/2024).

Yudi menjelaskan, petugas medis yang bertugas di posko berasal dari 10 Puskesmas dan enam RSUD di Jakarta Selatan.

“Secara bergantian mereka berjaga. Tiap tim terdiri dari satu dokter, satu perawat, dan satu petugas Kesjaor. Tim juga dibantu satu sopir ambulans dan dua anggota Pramuka,” terangnya.

Adapun pelayanan yang dilakukan seperti pemeriksaan kesehatan, pengecekan tekanan darah (tensi), alkohol pernafasan, amphetamine urine hingga gula darah dan sebagainya.

“Bagi sopir bus yang dinyatakan dalam kondisi tidak sehat akan diberikan rekomendasi larangan mengemudi dan dirujuk ke RSUD atau Puskesmas terdekat,” ungkapnya.

Ia berharap, melalui skrining kesehatan yang dilakukan dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

“Kita ingin perjalanan mudik lancar dengan permasalahan akibat kesehatan yang minimal,” bebernya.

Sementara itu, Tim Pengawas Terminal Lebak Bulus Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Hilman menuturkan, Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat juga dilibatkan melakukan pemeriksaan kesehatan awak bus untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengemudi maupun pemudik.

“Kita harus tegas mengenai kesehatan pengemudi karena ini berkaitan dengan nyawa banyak orang. Kalau ada sopir direkomendasikan tidak bisa melakukan perjalanan karena kondisi kesehatan maka harus ada sopir pengganti,” tandasnya.(John A)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *