INDONESIANEWS.TV – PEKANBARU: Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal bersama rombongan pejabat Polda Riau melakukan pengecekan Pospam Ketupat Lancang Kuning 2024 di Terminal AKAP dan Bandara Sultan Syarif Qasim II Pekanbaru, untuk memastikan persiapan arus mudik telah dilakukan dengan baik, Minggu (7/4/2024).

Irjen Pol M Iqbal menyatakan bahwa tujuan kedatangannya adalah untuk memastikan kesiapan Pospam dalam menjalankan perannya.

Kapolda Riau juga menekankan pentingnya verifikasi alat-alat yang berfokus pada pencegahan kecelakaan, sambil mengingatkan bahwa kecelakaan bisa disebabkan oleh faktor manusia. Oleh karena itu, ia memastikan bahwa semua personel terlibat, termasuk sopir dan kernet, siap untuk melakukan perjalanan jauh dengan penuh kewaspadaan.

“Saya pesankan kepada manajemen yang ada diterminal AKAP ini, kita harus kerja verifikasi alat-alat yang berorientasi kepada pencegahan kecelakaan,” paparnya.

Irjen Iqbal juga menyoroti pentingnya kelayakan kendaraan dengan memasang stiker verifikasi pada kendaraan yang telah lulus uji. Dia menegaskan bahwa setiap kendaraan yang melintas harus memenuhi standar keselamatan.

“Tadi saya dibawa memasang stiker disalah satu bus dan ini merupakan bentuk kendaraan tersebut lulus verifikasi (rem dan cek kelayakan kendaraan),” kata Irjen Iqbal.

Kapolda juga mengimbau para sopir untuk berhati-hati saat berkendara, mengingat bahwa faktor di jalan juga dapat menyebabkan kecelakaan.

Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan selama arus mudik dan arus balik, serta mengurangi angka kecelakaan

“Sopir dan kernek adalah sebagai penjamin keamanan dan keselamatan penumpang selama diperjalanan baik itu ke Medan, Sumatera Barat, Aceh dan kota-kota lainnya,” tutur Irjen Iqbal.

Setelah menyelesaikan pengecekan di Terminal AKAP Pekanbaru, Kapolda melanjutkan pengecekan ke Terminal Bandara Sultan Syarif Qasim II Pekanbaru.

Kapolda menyapa ramah penumpang yang akan melakukan mudik menggunakan pesawat terbang, serta memastikan kesiapan petugas dalam menjalankan tugas pengamanan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Dengan demikian, diharapkan bahwa operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 dapat berjalan dengan lancar dan dapat menekan angka kecelakaan selama arus mudik dan arus balik, sehingga masyarakat dapat merayakan perjalanan dengan ceria dan aman. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.