JAKARTA: Polsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat, mengungkap kasus curanmor dengan meringkus tiga pelaku dan menyita 37 unit sepeda motor berbagai merek. Satu dari tiga tersangka berinisial RS (28) didor kakinya. Bersama dua rekannya RSK (21) dan BS (25) kini meringkuk di tahanan.

Kapolsek Tambora, Kompol Donny Agung Harvida didampingi Kasi Humas Polres Metro Jakarta Barat , AKP Diaman Saragih dan Kanit reskrim AKP Rahmat Wibowo mengungkapkan bahwa ketiga pelaku memiliki peran berbeda dalam melakukan aksi pencurian tersebut.

“RKS berperan sebagai eksekutor. Sedangkan RS dan BS berperan sebagai joki,” ujar Donny saat merilis kasus ini di Mapolsek Tambora, Kamis (25/4/2024).

Dijelaskan Donny, para pelaku melakukan aksi pencurian dengan motif untuk menjual kembali sepeda motor hasil kejahatannya. “Motor- motor curian dijual antara Rp. 1.500.000 hingga Rp. 2.000.000 kepada seseorang yang masih dalam pengejaran ( DPO) ,” katanya.

Pengakuan para pelaku, lanjut kapolsek, hasil dari penjualan motor curian digunakan untuk berjudi slot dan membeli barang terlarang, seperti narkotika jenis sabu- sabu.

Kapolsek mengatakan, terungkapnya kasus tersebut berawal dari observasi Buser Unit Reskrim Polsek Tambora di kawasan Jalan Krendang Selatan, Kecamatan Tambora. “Saat itu anggota kita mencurigai dua orang laki-laki berboncengan dengan sepeda motor Mio berwarna biru,” sebut Donny.

Dikatakannya, pelaku mengincar sepeda motor yang terparkir berkat kecurigaan dan kesigapan anggota Polsek Tambora kemudian mengamankan pelaku

Salah satu pelaku, RS, melakukan perlawanan dengan mengeluarkan sebilah pedang stainless. Namun, petugas berhasil menghentikannya setelah dilakukan tindak tegas terukur dengan menembak kakinya.

Dalam pemeriksaan dan penggeledahan, tim menemukan kunci pas segitiga, 2 buah besi lancip, dan 1 buah obeng.

Masih menurut kapolsek, tersangka RS dan RKS mengaku telah melakukan pencurian sepeda motor di beberapa tempat di wilayah Tambora, Grogol Petamburan, Cengkareng dan sekitar Jakarta Barat.

Dari hasil interogasi, tim berhasil menemukan 37 unit sepeda motor dari berbagai merek yang diduga hasil curian di Jalan Kalianyar, Tambora, yang ditempatkan oleh seseorang yang masih dalam pengejaran.

Kapolsek menegaskan, perbuatan pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP Jo Pasal 2 ayat (1) tentang Undang-Undang Darurat No.12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun penjara. (Warto)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.