SURABAYA: Nama Muhammad Fawait atau lebih akrab dipanggil Gus Fawait paling banyak dipilih oleh masyarakat Jember di pilkada yang akan digelar bulan november mendatang.

Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru untuk pilkada di kabupaten Jember. Dari hasil hasil survei oleh lembaga tersebut muncul sejumlah nama yang akan bertarung di pilkada di kabupaten tersebut. Nama-nama itu diantaranya Muhammad Fawait, Hendy Siswanto, Faida, KH. Firjaun Barlaman,Abdussalam, Haji Nanang Handono dan gus Jadin.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengatakan secara Popularitas Hendy Siswanto dan Dr. Faida sangat di kenal oleh Masyarakat Jember dan bahkan melebihi 98% mengenalnya tetapi dalam tingkat kesukaan untuk Hendy Siswanto kurang dari 50 %

“Sedangkan Dr. Faida lebih dari 50% Sedangkan Muhammad Fawait untuk Tingkat kedikenalannya 76,1 sedangkan Tingkat kedisukaannya 69,3, ” katanya, Rabu (1/5/2024). Menurut Baihaki, untuk tingkat Elektabilitas Muhammad Fawait masih tertinggi tetapi dalam selisih tidak terlalu jauh dengan Hendy Siswanto.

“Dari 3 Tokoh ini yaitu Muhammad Fawait, Hendy Siswanto dan Faida mengalami Tren Kenaikan Elektabilitas bahkan pada Bulan Agustus 2023 Hendy Siswanto sempat mengungguli Muhammad Fawait tetapi pada bulan Januari 2024 – Periode April 2024 ini Muhammad Fawait mengalami kenaikan Elektabilitas yang sangat signifikan terutama dari pemilih Perempuan yang sangat mendongrak,” jelasnya.

Untuk calon wakil bupati, lanjut dia, pemilih masih di Dominasi Gus Firjaun dan KH. Muqid “Harapan Masyarakat Jember menginginkan Bupati dan Wakil Bupati nanti lebih peduli pada Masyarakat dan juga Masyarakat menginginkan pemimpin Jember Nanti bersih dari Korupsi seerta Religius dan masyarakat Jember Lebih dari 90% mempunyai HP andoid dan punya aplikasi Wasdshapp, ” bebernya.

ARCI, sambung Baihaki, melakukan survei menggunakan metode Stratified Multistage Random Sampling. Dengan jumlah sampel dalam survei ini adalah 1000 Responden dengan Margin Of Error ± 3 % pada Tingkat kepercayaan 95 %. “Metode Pengumpulan data adalah Responden terpilih diwawancara secara tatap muka dengan menggunakan Kuesioner oleh Pewawancara yang telah di latih, ” bebernya.

Setiap pewawancara, sambungnya, bertugas mewawancarai 10 Responden untuk setiap satu Desa / Kelurahan .”Metode wawancara dan pengumpulan data dengan menggunakan system teknologi Informasi ( TI ) sehingga data Entri dapat di lakukan dengan Cepat ( Real Time ),” katanya.

Kendali Mutu Survei, lanjut Baihaki adalah pewawancara Lapangan minimal mahasiswa atau Sederajat dan mendapatkan pelatihan ( Workshop ) secara intensif di setiap pelaksanaan Survei.” Pengambilan data Survei ( Penentuan Responden dan wawancara Lapangan ) di laksanakan pada 18 – 26 April 2024. Validasi data sampel dilakukan dengan Populasi yang diperoleh melalui data sensus (BPS) terakhir,” tutupnya.(Yudhie)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.