JAKARTANEWS.ID – JAKARTA :BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit menyerahkan santunan simbolis manfaat program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) dalam peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2024. Penyerahan tersebut disaksikan oleh ratusan massa buruh di Stadion Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara.

Santunan simbolis tersebut diserahkan oleh Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim kepada pihak ahli waris. Turuh hadir pihak LKS Tripartit antara lain Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, Dandim 0502/JU Kolonel Kav. Tofan Tri Anggoro, Wakil Kepala Kantor Wilayah (Wakakanwil) BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta Muhyiddin DJ alias Indhy yang didampingi oleh para kepala kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan wilayah Jakarta Utara.
Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Pluit Tetty Widayantie mengatakan, santunan diserahkan kepada ahli waris peserta karyawan Indofood bernama Akhmad Irdiana yang meninggal dunia karena kecelakaan kerja. Total nilai santunan tersebut mencapai Rp 911.0724.260, yang terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) meninggal, Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan beasiswa untuk maksimal 2 orang anak Rp88.500.000.
”Penyerahan simbolis ini untuk menunjukkan kepada buruh bahwa negara melalui BPJS Ketenagakerjaan selalu memberikan perlindungan nyata dari risiko pekerjaan kepada seluruh tenaga kerja yang terdaftar,” ungkap Tetty. Di lain sisi, Tetty mengapresiasi LKS Tripartit di Jakarta Utara yang mengakomodasi pelaksanaan May Day di bersama berbagai serikat buruh di Stadion Rawa Badak.
Sehingga peringatan May Day di Jakarta Utara berlangsung tertib, aman, dan nyaman. Dalam acara tersebut LKS Tripartit termasuk BPJS Ketenagakerjaan menyediakan beragam doorpize yang diundi untuk buruh. ”Kami tentu ingin bersama-sama merayakan suka cita perayaan May Day ini dengan teman-teman buruh. Kita harapkan persoalan-persoalan yang ada di bidang ketenagakerjaan atau kolaborasi kita dengan teman-teman buruh,” ungkap Tetty.
Sementara itu Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan LKS Tripartit di Jakarta Utara mengajak buruh memaknai May Day sebagai momentum bersama seluruh stakeholder. ”Momentum ini bisa menciptakan hubungan industrial yang saling bersinergi nantinya,” ujar Ali.
Ali berharap, peringatan May Day dapat membangun kebersamaan agar berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan buruh. Di acara tersebut Ali Maulana juga menampung aspirasi buruh. (Dani)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *