INDONESIANEWS.TV – YOGYAKARTA: Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan menghadiri peluncuran Indonesia Heritage Agency di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, pada Kamis (16/5/2024).

Indonesia Heritage Agency yang juga disebut dengan Badan Layanan Umum Museum Cagar Budaya ini diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI Nadiem Anwar Makarim, serta Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Nadiem Makarim dalam sambutannya menyebutkan bahwa Indonesia Heritage Agency diluncurkan sebagai upaya mengambil langkah baru untuk mentransformasi museum dan cagar budaya yang Kita miliki.

“Masih dalam semangat gerakan Merdeka Belajar, ini saatnya kita menjadikan museum dan cagar budaya sebagai ruang belajar yang terbuka, inklusif, dan mendukung perwujudan pembelajar sepanjang hayat,” ucap Nadiem.

Terdapat sebanyak 18 museum serta 34 cagar budaya nasional yang kini berada di bawah Indonesia Heritage Academy yang akan direvitalisasi.

“Sangat sulit bagi anak-anak mengerti soal permuseuman apabila pengalamannya tidak menyenangkan, sebab tidak akan menginspirasi generasi berikutnya,” jelas Nadiem.

Nadiem sendiri berharap, dengan adanya IHA, Indonesia dalam waktu dekat akan melompat ke masa depan dengan generasi muda yang cerdas dan juga bangga dengan identitasnya sebagai Bangsa Indonesia. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *