INDONESIANEWS.TV – MANCHESTER: Premier League musim 2023/2024, Tim asuhan Josep Guardiola Manchester City menjadi juara empat musim beruntun.

Kesuksesan City menjadi juara diraih setelah Phil Foden dkk. mengalahkan West Ham dengan skor 3-1 di laga pekan penutup, Minggu (19/5/2024) malam WIB.

Sebelum laga, City masih harus bersaing dengan Arsenal. City memuncaki klasemen dengan keunggulan dua poin dari Arsenal. Jika gagal menang dan Arsenal mengandaskan Everton, maka City gagal menjadi kampiun.

Namun, City mampu tampil superior di kandang sendiri dan unggul dua gol lewat aksi brilian Foden serta satu gol persembahan Rodri. Gol akrobatik dari Mohammed Kudus sempat membuat West Ham memperkecil ketinggalan.

City mampu mempertahankan keunggulan di babak kedua dan mereka pun resmi keluar sebagai juara dengan poin 91, unggul dua angka dari Arsenal yang di saat bersamaan mengalahkan Everton 2-1.

Gelar ini pun semakin mempertegas dominasi Man City di Premier League. Pasukan Pep Guardiola sukses menjadi juara untuk keempat secara beruntun.

Gangguan ketat dari Liverpool di dua musim awal serta Arsenal di dua musim belakangan masih belum sanggup untuk menghentikan City mengukir sejarah luar biasa mereka.

Secara keseluruhan, ini merupakan gelar juara liga yang ke-10 sepanjang sejarah Man City, atau yang kedelapan dalam 12 tahun terakhir.

Berkat kesuksesan ini, Man City mengukir rekor dengan menjadi tim pertama sepanjang sejarah yang sukses menjadi juara dalam empat musim beruntun di kasta tertinggi Liga Inggris, baik ketika masih bernama Divisi Utama maupun Premier League.

Di era Premier League yang digelar mulai 1992 sendiri, Manchester United yang notabene tetangga Man City masih menjadi tim paling sukses dengan raihan 13 gelar juara.

MU pun sempat mendominasi sepak bola Inggris. Namun, paling banter Setan Merah hanya sanggup mencatat juara dalam tiga musim beruntun sebanyak dua kali.

Pep Guardiola pun tercatat menjadi pelatih pertama dalam sejarah yang mampu menjuarai Premier League empat musim secara beruntun. Sebuah rekor yang sungguh fantastis.

Hebatnya lagi, Guardiola tercatat enam kali membawa Man City juara Premier League hanya dalam delapan musim ia tercatat menukangi City hingga saat ini.

Dua tim yang berhasil mematahkan dominasi City asuhan Guardiola dalam delapan musim terakhir adalah Chelsea di musim 2016/2017 dan Liverpool musim 2019/2020. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *