INDONESIANEWS.TV – NEW DELHI: Sekolah-sekolah di sejumlah wilayah India dan Pakistan ditutup imbas gelombang panas yang menerjang dua negara tersebut.

Otoritas New Delhi, India, menyatakan pihaknya telah memerintahkan sekolah-sekolah di ibu kota untuk segera ditutup selama libur musim panas.

Beberapa negara bagian India juga mengumumkan penutupan serupa akibat cuaca panas.

Badan meteorologi India mencatat suhu wilayah Najafgarh di New Delhi mencapai 47,4 derajat Celsius. Kota-kota lain juga mencatat suhu lebih dari 45 derajat Celsius saat ini, pada Senin (20/5/2024).

Menurut badan tersebut, kondisi “gelombang panas hingga gelombang panas yang parah” kemungkinan besar akan berlanjut di dataran barat laut India. Kondisi gelombang panas di utara Madhya Pradesh dan negara bagian Gujarat juga diprediksi berlangsung selama lima hari ke depan.

Wakil presiden badan prakiraan cuaca swasta Skymet, Mahesh Palawat, mengatakan bahwa selama beberapa hari terakhir, sebagian besar wilayah utara India telah dihantam gelombang panas dan panas ekstrem yang diperkirakan berlangsung hingga akhir Mei.

“Banyak kota yang akan diterpa suhu sekitar 45-46 derajat Celsius dalam beberapa hari ke depan. Paruh kedua Mei kemungkinan bakal menjadi yang terpanas di musim ini, jadi gelombang panas diperkirakan akan terjadi,” kata dia, seperti dikutip Anadolu Agency.

Di Pakistan, pemerintah juga menyatakan bahwa sekolah-sekolah negeri dan swasta akan ditutup di Provinsi Punjab selama sepekan. Penutupan itu akibat gelombang panas yang diperkirakan menyapu sebagian besar negara itu dalam beberapa hari mendatang.

Seiring dengan ini, sekolah-sekolah akan tetap ditutup mulai 25-31 Mei untuk memastikan keselamatan siswa.

Suhu di Pakistan saat ini mencapai 38-43 derajat Celsius. Suhu ini diprediksi meningkat menjadi 46 derajat pada pekan depan. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.