JAKARTA: Buru aset 6 tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU) Skandal Timah, Kejaksaan Agung cecar Dirut PT. Sulinggar Wirasta FT diduga Fredi Tandouw.

Sulinggar Wirasta yang berlokasi di kawasan Pinangsia, Jakarta Barat bergerak pada bisnis penukaran uang alias money changer.

Sampai selesai pemeriksaan tidak diketahui siapa saja dari para tersangka dan atau pihak yang diduga ikut menyamarkan hasil korupsi menukarkan uang di Sulinggar Wirasta ?

Kapuspenkum Ketut Sumedana hanya menjelaskan FT diperiksa guna memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan.

“Semua dalam rangkaian untuk membuat terang tindak pidana (cari tersangka baru, Red), ” katanya diplomatis, Rabu (22/5) malam.

Seperti diketahui, hingga kini belum terungkap aktor intelektual Skandal Tambang Timah Ilegal hingga negara dirugikan mencapai Rp 271 triliun lebih.

Terakhir, Kejaksaan Agung memeriksa Robert Prihantono Bonosusatya alias Robert Bono pada Senin (1/4) dan Rabu (3/4), tapi sampai kini statusnya masih menjadi saksi.

Direktur Penyidikan Kuntadi pada Senin (1/4) menyebutkan Robert Bono diperiksa guna memastikan adakah hubungannya dengan PT. Refined Bangka Tin (RBT).

Robert Bono sendiri berulang menepis dirinya memiliki hubungan dengan RBT.

RBT diduga berawal dari pendirian Artha Graha Network (AGN) pada 2007 yang kemudian diambil -alih oleh Harvey Moeis Dkk pada 2016.

TERSANGKA TPPU

Penyidikan perkara yang menyita atensi Publik ini kini telah menambah tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Dari semula hanya Harvey Moeis (Perwakilan PT. RBT), kini Thamron alias Aon (Beneficial Owner CV. Venus Inti Perkasa) ikut dijadikan tersangka TPPU.

Bersamanya, ikut dijerat Manajer PT Quantum Skyline Exchange (QSE) Helena Lim, Dirut RBT Suparta, Dirut PT. Sariwiguna Bina Sentosa (SBS) Robert Indarto dan pengusaha Suwito Gunawan (SG) alias Awi.

“Dari gelar perkara, tersangka TPPU bertambah lima orang lagi, ” sebut sebuah sumber secara terpisah.

Tidak disebutkan alasannya, namun dari penyitaan sejumlah aset patut diduga mereka yang semula hanya dijerat perkara korupsi itu, paling banyak menerima manfaat dari perkara tersebut.

Seperti diketahui, sampai kini selain uang tunai dalam berbagai mata uang asing dan rupiah telah disita kendaraan mewah dan blokir 66 rekening.

Terakhir, Kejagung terus pelajari soal Private Jet yang disebut di Medsos dimiliki Harvey Moeis isteri Selebritis Sandra Dewi. (ahi)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.