INDONESIANEWS.TV – MUNCHEN: Pembukaan Grup A Piala Eropa 2024, Timnas Jerman menang telak menghadapi Skotlandia dengan skor telak 5-1 di Allianz Arena, Sabtu (15/6/2024) dini hari WIB.

Tuan rumah Jerman langsung tancap gas di hadapan pendukung sendiri, Skotlandia tidak bisa memberikan perlawanan berarti.

Lima gol Jerman dicetak oleh lima pemain berbeda, yaitu Florian Wirtz (10′), Jamal Musiala (19′), Kai Havertz (45+1′), Niclas Fullkrug (68′), dan Emre Can (90+3′). Skotlandia hanya membalas lewat own goal Antonio Rudiger (87′).

Kemenangan telak 5-1 ini jadi langkah awal yang sangat baik untuk Jerman di Euro 2024. Pasukan Julian Nagelsmann memimpin klasemen sementara Grup A dengan 3 poin.

Jerman langsung menggebrak begitu pertandingan dimulai. Tuan rumah bermain sangat dominan, Skotlandia terkurung di area bermain sendiri. Pergerakan Jerman juga tampak progresif untuk menyerang.

Menit ke-10, gempuran Jerman langsung membuahkan hasil. Skema serangan melebar, Kimmich masuk ke tengah dari sisi kanan dan mengirim umpan tarik untuk Wirtz di tepi kotak penalti, tembakan mendatar dan gol, Jerman 1-0 Skotlandia.

Menit ke-19, Jerman menggandakan keunggulan. Gundogan merebut bola di tengah lapangan dengan mengirim umpan terobosan untuk Havertz. Havertz mengecoh lawan, mengoper ke Musiala, dan dituntaskan dengan tembakan keras, gol Jerman 2-0 Skotlandia.

Kebobolan dua gol membuat Skotlandia semakin tertekan. Hingga menit ke-40, jelas bahwa permainan Skotlandia tidak berjalan dengan baik. Tidak ada perlawanan berarti.

Menit ke-44, bencana bagi Skotlandia. Ryan Porteus dihukum kartu merah langsung usai menjatuhkan Gundogan di kotak terlarang. Wasit menunjuk titik putih, Skotlandia kehilangan satu pemain.

Menit ke-45+1, Havertz maju sebagai algojo dan mengirim tembakan keras ke sudut. Gunn bergerak ke arah yang salah, gol Jerman 3-0 Skotlandia.

Laga dilanjutkan kembali dan jelas bahwa Skotlandia tidak bisa berbuat banyak. Mereka tampil dengan 10 pemain dan sudah kebobolan tiga gol. 10 menit pertama berlangsung dengan cepat.

Jerman masih sangat dominan mengatur ritme permainan. Di pertengahan babak kedua, Julian Nagelsmann pun mulai membuat sejumlah perubahan. Fullkrug dan Sane diberi kesempatan bermain.

Menit ke-68, Jerman mencetak gol keempat. Fullkrug yang baru masuk tidak membuang waktu untuk membuktikan diri. Umpan tarik Musiala sebenarnya tidak menemukan pemain Jemran, tapi bola liar bergulir ke hadapan Fullkrug yang langsung menambak keras, gol Jerman 4-0 Skotlandia.

Menit ke-75, Fullkrug sempat mencetak gol keduanya, bola sudah mengecoh kiper. Namun, VAR mengintervensi dan menganulir gol tersebut untuk offside Fullkrug. Skor tetap 4-0.

Menit ke-87, Skotlandia mendapatkan gol hiburan. Skema bola mati, umpan jauh Robertson diterima McKenna yang bermaksud mengembalikannya ke tengah kotak penalti. Bola justru tidak sengaja disundul Rudiger ke gawang sendiri, gol Jerman 4-1 Skotlandia.

Menit ke-90+3, Jerman menutup laga dengan gol kelima. Skema serangan dari sisi kiri, umpan tarik ke area depan kotak penalti dituntaskan Emre Can dengan sepakan sempurna ke tiang jauh, gol Jerman 5-1 Skotlandia. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *