SURABAYA: Pemerintah mulai menyalurkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2024 di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur.
Pemberian tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono kepada perwakilan buruh yang ada di Surabaya.
Anggota komisi E DPRD Jawa Timur Suwandy Firdaus mengatakan tahun 2024 ini Jatim memperoleh alokasi DBHCHT dari penerimaan negara sebesar Rp2,77 triliun. Anggaran ini bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau yang didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2024 dan Peraturan Gubernur Jatim Nomor 84 Tahun 2023.

“Pemerintah tetap menjalankan kewajibannya dan diserahkan kepada provinsi dan kabupaten, jumlahnya banyak tapi yang kembali Rp2,77 triliun,” tuturnya, Kamis (4/7/2024).
Menurut politisi NasDem ini, tahun ini total penerimanya se-Jawa Timur mencapai 13.469 orang untuk sekali diterimakan. Untuk hari ini jumlah yang disalurkan sebanyak 4.209 buruh pabrik dari 4 perusahaan di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Sedangkan tahun 2023 penerimanya berjumlah 9.259 orang yang masing-masing menerima Rp300.000 dan disalurkan sebanyak lima kali.
“Berbeda dari tahun kemarin karena tahun ini kami ingin berbagi kepada lebih banyak buruh pabrik rokok di Jawa Timur,” katanya.
Pria asal Mojokerto ini mengharapkan penyaluran bantuan ini bisa menjadi motivasi bagi para buruh pabrik rokok untuk lebih meningkatkan semangat dalam bekerja dan berkarya sesuai dengan bidang yang ditekuni. Lebih dari itu bantuan ini juga bisa bermanfaat bagi penerima dan keluarganya.

“Semoga bermanfaat dan ini uangnya harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar, untuk membeli makanan bergizi bagi anak-anaknya, belilah sesuai kebutuhannya,” pesannya.(Yudhie)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.