INDONESIANEWS.TV – BANTUL: Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan menyatakan, Yogyakarta adalah daerah dengan peradaban yang tinggi, sebab masyarakat DIY mampu menjaga kondisi kamtibmas dengan baik.

“Yogyakarta dianggap sebagai daerah dengan tingkat peradaban yang tinggi, sehingga mampu menjaga stabilitas keamanan dengan baik,” ujar Irjen Suwondo Nainggolan pada Jumat Curhat (5/7/2024).

Kapolda DIY menjelaskan, kondisi kamtibmas yang kondusif bukan hanya sekadar kebutuhan. Di Yogyakarta hal itu sudah menjadi investasi.

“Di Yogyakarta ini tidak punya tambang, tidak punya kebun sawit. Penggerak utamanya adalah sektor pariwisata dan pendidikan. Sebab itu, keamanan bukan hanya keharusan tapi investasi,” kata Kapolda di hadapan berbagai elemen masyarakat Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul.

Irjen Suwondo lantas memberikan gambaran umum mengenai situasi keamanan di Yogyakarta, menyoroti penurunan angka kriminalitas serta peningkatan ekonomi daerah. Prestasi itu tak dapat terwujud, jika tanpa dukungan masyarakat.

“Harkamtibmas tercapai karena peran semua elemen masyarakat, termasuk Pokdarkamtibmas dan Jaga Warga. Situasi aman ini menjadi investasi yang baik bagi Yogyakarta ke depan,” tutur Irjen Suwondo.

Apresiasinya terhadap peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya dalam masa pemilu. Harkamtibmas tercapai karena peran semua elemen masyarakat, termasuk Pokdarkamtibmas dan Jaga Warga.

Masyarakat yang hadir juga menyampaikan berbagai pertanyaan dan masukan. Salah satunya dari Ketua Pokdarkamtibmas Sri Suharyadi, dia berharap dapat dilibatkan lebih aktif dalam kegiatan pengamanan Pilkada mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda DIY memastikan bahwa Pokdarkamtibmas akan dilibatkan dalam pengamanan Pilkada, seraya menegaskan pentingnya sikap netral dalam pelaksanaan pengamanan tersebut.

Keluh kesah juga disampaikan Murjiyem salah satu Ketua RT setempat, dirinya menanyakan tentang penanganan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dan peran Jaga Warga.

Kapolda DIY menjelaskan bahwa razia terhadap knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis akan terus dilakukan hingga masalah ini tuntas.

“Pentingnya peran Jaga Warga dalam menyelesaikan permasalahan sosial dengan mengedepankan nilai-nilai budaya setempat,” papar Kapolda.

Di akhir acara, Kapolda DIY memberikan gambaran umum mengenai situasi keamanan di Yogyakarta, menyoroti penurunan angka kejadian kriminalitas serta peningkatan ekonomi daerah.

Dia berharap acara ‘Jumat Curhat’ ini menjadi jembatan komunikasi yang efektif antara masyarakat dan kepolisian, guna mewujudkan Yogyakarta yang lebih aman dan tertib. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *