INDONESIANEWS.TV – JAKARTA: Ketua DPR RI Puan Maharani berharap, kerjasama RI–Turki dalam pengadaan obat dan vaksin Covid-19 segera terwujud.

Harapan itu disampaikan Puan ketika berbicara lewat telepon dengan ketua parlemen Turki (Grand National Assembly of Turkey) Mustafa Sentop, Selasa (4/8/2020).

“Saya mendengar Menteri Ristek dan Tekhnologi Indonesia sudah berbicara dengan Menteri Teknologi dan Industri Turki membahas pengembangan obat dan vaksin Covid-19,” kata Puan kepada para wartawan di Kompleks Parlemen, Selasa (4/8/2020).

Puan mengatakan, semoga kerjasama mengenai penemuan obat dan vaksin Covid-19 ini berhasil dan kedua belah pihak akan mendapatkan manfaat dalam waktu yang tidak lama lagi.

“Saya juga berharap Parlemen Turki ikut mendorong kerjasama tersebut agar obat dan vaksin Covid-19 segera ditemukan dan diproduksi,” harap mantan Menko PMK itu.

Puan menyatakan, penanganan Covid-19 antar kedua negara menjadi salah satu materi pembahasan courtesy call antara Puan dan Sentop.

“Turki sendiri sudah siap membantu penanganan pandemi Coovid-19 termasuk membantu penyediaan alat-alat kesehatan dan obat-obatan yang diperlukan,” ungkapnya.

Puan menjelaskan, pembicaraan dirinya dengan Sentop dalam rangka perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki.

“Kami saling mengucapkan selamat Idul Adha dan ngobrol tentang bagaimana kondisi Indonesia dan Turki, terutama ditengah situasi menghadapi pandemi Covid-19 ini,” jelas politisi PDI Perjuangan itu.
.
Selain itu, lanjut Puan, pembicaraan antara keduanya menyinggung isu Palestina.

“Terkait isu Palestina yang akan disampaikan di PBB, tentu saja Indonesia akan tetap mendukung negara Palestina,” tegasnya.

Puan mengaku, Sentop pun mengamini pernyataan dirinya.

“Kita sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina diberbagai forum internasional seperti Sidang Umum PBB,” tukas putri Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri itu.

Dalam pembicaraan yang berlangsung hangat sekitar 15 menit itu, Puan menyatakan, Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop memberikan penghargaan tinggi atas hubungan persahabatan erat Indonesia-Turki.

“Ke depan kerjasama RI-Turki harus lebih diperkuat di berbagai bidang,” ujar Puan menirukan ucapan Sentop.

Di akhir pembiacaraan, Puan menyampaikan salam kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan lewat Ketua Parlemen Turki.

“Mohon sampaikan salam hangat saya kepada presiden Erdogan dan seluruh rakyat Turki,” pungkas legislator asal Dapil Jateng 5 itu. (Daniel)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.