INDONESIANEWS.TV – YOGYAKARTA: Kapolda DIY menyiapkan skema untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di Provinsi ini selama periode Lebaran 2024.

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan sejumlah langkah bakal disiapkan untuk menyambut pemudik di DIY yang diperkirakan mencapai 6 persen dari total pemudik secara nasional di Ponpes Al-Munawwir, Krapyak, Bantul, Rabu (27/3/2024) malam.

“Itu baru yang mudik, belum yang mudik ke Jawa terus jalan-jalan ke Yogyakarta. Ini yang sedang kita hitung,” kata Irjen Suwondo.

Menurut Kapolda, skema antisipasi bakal dibahas bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada Senin (1/4/2024) mendatang.

Berikutnya pada Selasa (2/4/2024), pihaknya bakal menyiapkan langkah teknis bersama seluruh pemangku kepentingan di DIY.

Dalam skema antisipasi itu, menurut Irjen Suwondo, nantinya akan bermuara pada tiga aspek utama, yakni memastikan masyarakat aman dan nyaman menjalankan ibadah.

“Kedua, aman dalam berlalu lintas dan beraktivitas. Ketiga, menjamin ketersediaan bahan pokok,” ujar Irjen Suwondo.

Kapolda mengaku telah mendapat arahan langsung dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, untuk memastikan kegiatan keagamaan di DIY berjalan kondusif dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat.

“Arahannya tetap kondusif supaya kegiatan agama tetap berjalan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Menjelang arus mudik Lebaran 2024, kata Irjen Suwondo, upaya rekayasa lalu-lintas bakal disiapkan menyesuaikan kebutuhan di lapangan, termasuk mencegah potensi kecelakaan di sejumlah jalur yang dianggap rawan.

“Itu pasti kita lakukan ‘contra-flow’ atau misalnya banyak arus yang masuk kita atur supaya lebih ringan sehingga yang masuk lebih mudah nanti pas keluarnya itu dinamis,” terangnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan memproyeksikan ada sebanyak 193,6 juta orang atau 71,7 persen dari total penduduk melakukan perjalanan mudik selama periode Lebaran 2024. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *