INDONESIANEWS.TV – MOSKOW: Produsen kapal selam terkemuka Rusia, Sevmash Shipyard, mengatakan telah menyelesaikan modernisasi skala besar pada bengkel pelapisan listriknya untuk menerapkan lapisan tertentu pada produk logam. Upaya ini untuk meningkatkan efisiensi energi produksi Sevmash dalam membangun kapal selam nuklir generasi kelima Rusia.

Sevmash kini telah mulai mengoperasikan lokasi pelapisan listrik yang berfokus pada pembersihan ultrasonik, pelapisan krom khusus, anodisasi isolasi padat dan listrik, serta pelapisan nikel kimia, menurut perusahaan, tulis Defense News.

“Pada pergantian tahun 2010-2020an, Sevmash tampaknya telah berhasil mencapai tingkat produksi kapal selam yang kurang lebih stabil. Siklus konstruksi dan pengujian sekarang memakan waktu sekitar tujuh tahun,” kata Pavel Luzin, pakar militer di Pusat Analisis Kebijakan Eropa di Washington.

“Pada saat yang sama pabrik tersebut sedang mengerjakan delapan hingga 10 kapal selam pada berbagai tahap konstruksi. Dengan menciptakan fasilitas produksi baru, Sevmash berupaya meningkatkan efisiensi komersialnya,” lanjutnya.

Namun, masih belum jelas apakah segala sesuatunya akan berjalan sesuai rencana bagi pembuat kapal, tambah Luzin. Hal ini mengingat penutupan akses terhadap teknologi dan peralatan Barat.

Modernisasi besar terakhir pada fasilitas produksi Sevmash terjadi pada tahun 1970-an untuk pembangunan kapal selam nuklir generasi ketiga. Berkat partisipasinya dalam Program Target Federal pemerintah, yang bertujuan untuk mengembangkan kompleks industri militer Rusia, Sevmash mulai melengkapi dan melakukan rekonstruksi pada tahun 2011.

Melalui program ini, Sevmash akan menerima 46,5 miliar rubel (507 juta USD). Hingga tahun 2017, pengeluaran utama meliputi pembelian peralatan teknologi otomatis, alat ukur multisaluran, mesin berpresisi tinggi yang dikendalikan komputer, dan energi yang sangat efisien serta peralatan mekanis. Perusahaan mengambil sumber daya tersebut dari Perancis, Swiss, Italia, Republik Ceko, Swedia dan Jerman.

Setelah tahun 2022, Sevmash membeli mesin dan instrumen secara lokal dan dari Belarus. Misalnya, pada bulan Februari 2024, mereka membeli peralatan teknologi untuk stasiun demagnetisasi deperming seharga 1,5 miliar rubel dari Pusat Penelitian Negara Krylov.

Sevmash akan terus berpartisipasi dalam Program Target Federal hingga tahun 2027. Luzin mengatakan upaya ini sudah direncanakan, dan Rusia sedang mengejar pembuatan kapal selam nuklir generasi kelima. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *