INDONESIANEWS.TV – FINLANDIA: Negara Finlandia konsisten mempertahankan gelar sebagai negara paling bahagia di dunia. Negara di Eropa bagian utara tersebut sudah tujuh tahun berturut-turut menduduki posisi pertama dalam daftar negara paling bahagia di Bumi, menurut World Happiness Report 2024.

Dalam laporan World Happiness Report 2024, Finlandia menduduki daftar 10 besar negara paling bahagia bersama empat negara Nordik lainnya, yakni Denmark (2), Islandia (3), Swedia (4), dan Norwegia (7).

Menurut profesor di University of Eastern Finland yang meneliti kesejahteraan masyarakat Finlandia, Arto O. Salonen, masyarakat Finlandia memperoleh kepuasan dengan menjalani kehidupan yang berkelanjutan. Mereka juga memandang bahwa kesuksesan adalah kemampuan mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan dasar.

“Dengan kata lain, ketika anda tahu apa yang cukup, anda bahagia” kata Salonen.

Selain itu, orang Finlandia memiliki prinsip hidup sederhana yang membuat mereka bahagia.

“Kell’ onni on, se onnen kätkeköön,” yang berarti “Jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda.”

Rahasia Kebahagiaan Warga Finlandia

Profesor hukum dan pajak dari Aalto University, Timo Viherkenttä menilai ada dua faktor yang menjadi kontributor utama dalam kebahagiaan masyarakat Finlandia, yakni pendidikan dan kesehatan. Dua hal tersebut bisa terwujud berkat pajak tinggi yang mereka bayar.

Perlu diketahui, seorang penduduk  Finlandia bisa membayar pajak hingga 56.95% jika masuk dalam kategori pendapatan tertinggi. Meski persentase pajaknya luar biasa besar, faktanya orang Finlandia bahagia menjalani kehidupan mereka.

“Konsensus di masyarakat adalah meskipun penduduknya membayar pajak lebih tinggi, mereka juga mendapatkan banyak program sosial yang meningkatkan kesehatan, kebahagiaan, dan kualitas hidup yang lebih baik sebagai imbalannya. Program-program sosial yang didanai publik ini tersedia bagi semua orang, terlepas dari apakah Anda kaya atau miskin,” ujar Viherkenttä, dikutip dari laman resmi universitas.

“Saya pikir kesehatan adalah faktor utama dalam kebahagiaan. Di Finlandia selalu ada diskusi hangat mengenai cara meningkatkan sistem layanan kesehatan dan pendidikan – kami memprioritaskan inisiatif-inisiatif utama ini agar tidak ketinggalan,” jelas Viherkenttä.

Finlandia unggul dalam bidang pendidikan dibanding banyak negara lain di dunia. Dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi dan universitas, seluruh sistem pendidikan di Finlandia adalah salah satu struktur sosial yang paling banyak didanai pemerintah. Namun, sebagian besar tetap gratis bagi masyarakatnya.

Lalu ada layanan kesehatan universal yang juga didanai pemerintah. Di negara ini, setiap warganya berhak mendapatkan layanan kesehatan secara gratis, meski ada juga beberapa layanan kesehatan berbayar untuk sejumlah kondisi khusus yang lebih serius, seperti konsultasi dengan dokter jantung dan sebagainya.

Pada prinsipnya, penduduk Finlandia tak masalah dengan kebijakan pajak tinggi karena uang yang mereka bayarkan dapat dinikmati dalam benefit layanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas, bahkan uang pensiun yang jelas terukur. Pajak di Finlandia jelas berkontribusi dalam menciptakan kehidupan yang berkualitas yang pada akhirnya membuat penduduknya bahagia.

Kondisi ini mungkin sulit ditemui di negara dengan jaminan sosial yang buruk dan tingkat korupsi tinggi. Di negara yang seperti itu, penduduknya cenderung menolak membayar pajak karena mereka skeptis uang tersebut akan ditilep oleh para koruptor. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *