INDONESIANEWS.TV – JAKARTA: Duta Besar Inggris untuk Meksiko dicopot dari jabatannya setelah diduga menodongkan senjata berupa senapan serbu dalam kendaraan yang membawa staf kedutaan, menurut laporan pada Jumat (31/5/2024).

Pemerintah Inggris mengatakan telah mengambil “tindakan yang tepat” setelah insiden tersebut, tanpa mengonfirmasi apakah Dubes Inggris Jon Benjamin telah dipecat.

Benjamin sedang dalam perjalanan kerja ke wilayah barat laut Meksiko yang dilanda kekerasan kartel narkoba ketika insiden itu terjadi, Financial Times melaporkan.

“Benjamin, seorang diplomat karir, dipecat sebagai duta besar segera setelah kejadian pada April,” kata surat kabar itu, mengutip orang-orang yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui masalah tersebut.

Pejabat asing sering bepergian dengan pengawal ketika mengunjungi zona berbahaya di Meksiko.

Sebuah video yang diposting oleh akun anonim di platform media sosial X pada pekan ini tampak memperlihatkan momen Benjamin dengan bercanda mengarahkan senjata ke arah bagian belakang kendaraan, tempat duduk seorang penumpang.

Wajah penumpang yang digambarkan oleh Financial Times sebagai pegawai kedutaan setempat yang duduk di kursi belakang menjadi kabur.

“Dalam konteks pembunuhan sehari-hari di Meksiko yang dilakukan oleh pengedar narkoba, dia berani bercanda,” kata akun @subdiplomatic yang juga mengeluhkan dugaan penganiayaan terhadap staf kedutaan Meksiko.

Sekitar 80 orang dibunuh setiap hari di negara Amerika Latin tersebut, yang sebagian besar dikendalikan oleh kartel narkoba yang sangat kejam.

Ketika ditanya tentang laporan tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan, “Kami mengetahui kejadian ini dan telah mengambil tindakan yang tepat.”

Pemerintah Inggris memiliki “proses SDM yang kuat” untuk mengatasi “masalah internal” ketika masalah tersebut muncul, tambah juru bicara tersebut tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Benjamin adalah duta besar Inggris untuk Meksiko antara 2021 dan 2024, menurut situs web kementerian. Menurut akun LinkedIn Benjamin, jabatannya di Meksiko berakhir pada Mei. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.