JAKARTA : Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan, memanfaatkan layanan jemput bola Program Layanan Kasih Sayang (LAKSA) Betawi bagi penyandang Disabilitas yang tinggal di Gang taubah, Jalan Pancoran Utara, RT 004/08 dan di Jalan Pengadegan Timur IV, RT 011/01, Jakarta Selatan. Rabu (26/6/2024).

Kasatpel Dukcapil Kelurahan Pengadegan, Agung Dwi Susanto mengatakan, Program Laksa Betawi diperuntukkan bagi warga penyandang disabilitas di Jakarta Selatan yang terkendala mendapatkan pelayanan Administrasi Kependudukan di loket dukcapil, khususnya layanan perekaman foto KTP elektronik.

“Kami layani warga disabilitas yang sebelumnya sudah mengisi form permohonan dengan cara memindai QR-Code pada postingan ini atau mengisi form melalui Link bit.ly/LaksaBetawiJaksel,” jelas Agung Dwi Susanto.

Agung mengutarakan, pelayanan perekaman foto KTP elektronik bagi warga disabilitas, meliputi rekam sidik jari, retina atau bola mata, serta pengambilan visual foto untuk disimpan dalam database kependudukan.

Dalam melaksanakan tugasnya, lanjut Agung, para petugas Dukcapil sudah diberi pengarahan dan pengetahuan agar ekstra hati-hati, sabar dan penuh rasa kasih sayang dalam melayani warga disabilitas.

“Selain penyandang disablitas, Laksa Betawi juga dapat melayani perekaman KTP-el bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), serta lansia dengan keterbatasan,” ucapnya.

Sementara itu, orang tua dari warga disabilitas, Naniek mengucapkan terima kasih atas layanan jemput bola ini. Ia mengaku senang anaknya kini sudah mempunyai administrasi kependudukan yang lengkap dan sah sebagai warga negara Indonesia.

“Saya apresiasi sekali petugas melakukan layanan dengan baik, profesional dan penuh kesabaran,” tandasnya.(John A)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.