INDONESIANEWS.TV – AUFSCHALKE: Laga terakhir Piala Eropa Grup F Euro 2024, di luar dugaan Timnas Georgia mengalahkan Portugal dengan skor 2-0 di Arena AufSchalke, Kamis 27 Juni 2024.

Portugal sudah dipastikan lolos sebagai juara grup, sementara Georgia wajib menang untuk menjaga harapan lolos ke fase gugur.

Laga berlangsung intens, Portugal tampil dominan, tapi justru Georgia yang berhasil mencuri kemenangan. Kali ini, Khvicha Kvaratskhelia membuka keunggulan timnya di menit ke-2, lalu Georges Mikautadze mencetak gol penalti di menit ke-57 untuk menggenapi kemenangan.

Hasil ini tidak mengubah posisi Portugal yang tetap finis sebagai juara Grup F Piala Eropa 2024. Georgia finis di peringkat tiga, jadi ada kesempatan lolos babak 16 besar lewat jalur tim peringkat tiga terbaik.

Pertandingan baru dimulai dan Georgia langsung menggebrak. Menit ke-2, blunder Antonio Silva dimaksimalkan Kvaratskheila yang membawa bola ke tepi kotak penalti dan menembak keras ke sudut bawah, gol Georgia 1-0 Portugal.

Gol cepat Georgia memaksa Portugal bermain lebih agresif. Menit ke-17, Ronaldo mendapatkan kesempatan tendangan bebas. Sepakannya keras dan akurat, tapi masih bisa ditepis Mamardashvili.

Serangan-serangan Portugal terus memaksa Georgia bermain defensif hingga 30 menit pertandingan berjalan. Ronaldo sempat kesal terhadap wasit, karena mengabaikan pelanggaran lawan terhadapnya di kotak penalti.

Memasuki 10 menit akhir, Portugal coba meningkatkan tempo, tapi Georgia bisa bertahan dengan sangat baik. Kiper Georgia, Mamardashvili layak dapat acungan jempol skor 1-0.

Laga dilanjutkan kembali dan jelas Portugal langsung menggempur lawan. Georgia bukannya tanpa perlawanan. Menit ke-50, percobaan Kvaratskhelia memaksa Costa berjibaku membuat penyelamatan.

Menit ke-55, Georgia mendapatkan hadiah penalti. Silva menjatuhkan Lochosvili di area terlarang. Mikautadze lantas maju sebagai algojo dan menembak keras ke sudut kanan bawah gol Georgia 2-0 Portugal.

Gol kedua Georgia jelas jadi hantaman untuk Portugal. Memang laga ini tidak lagi berarti bagi Portugal yang sudah lolos, tapi tetap saja kepercayaan diri tim terpukul. Ronaldo pun ditarik di menit ke-66.

Portugal masih terus mencari gol penyeimbang hingga laga memasuki 10 menit akhir. Beberapa peluang tercipta, tapi tidak benar-benar matang untuk Portugal. Skor akhir 2-0 untuk kemenangan Georgia. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *