INDONESIANEWS.TV – SURAKARTA: Pertandingan Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Timnas Laos U-16 dan menjadi juara grup A. Timnas Indonesia menang dengan skor telak 6-1 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024).

Gol Timnas Indonesia dicetak oleh sepasang gol Josh Holong, gol penalti Muhamad Zahaby Gholy, I Putu Panji Apriawan, Mochammad Mierza dan gol bunuh diri Sayyavath Vansavath. Sementara Laos mencetak gol berkat penalti Phayak Siphanom di awal babak pertama.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia U-16 meraih sembilan poin dari tiga laga, sehingga Indonesia lolos ke Semifinal sebagai juara grup.

Bermain Timnas Indonesia langsung tampil menekan sejak awal pertandingan. Baru lima menit laga berjalan, Timnas Indonesia dihukum penalti setelah Matthew Sitorus menjatuhkan Sayyavath Vansavath di kotak terlarang. Phayak Siphanom yang ditunjuk menjadi eksekutor sukses melakukan tugasnya dengan baik sehingga Laos unggul dahulu dengan skor 1-0.

Di menit ke-22, giliran Laos yang dihukum penalti oleh wasit Gholy dijatuhkan di kotak terlarang. Gholy yang mengambil eksekusi penalti itu sukses melakukan tugasnya dengan baik. Sehingga skor sama kuat 1-1.

Lima menit berselang, Indonesia berbalik unggul menjadi 2-1. Berawal dari sepak pojok Fabio Azka, pemain Laos salah melakukan antisipasi sehingga menjadi gol bunuh diri.

Di menit ke-37, Indonesia berhasil mencetak gol ketiga. Berawal dari lemparan jauh Fabio, bola diteruskan oleh Tristan dengan kepala sebelum bola disundul Josh Holong menjadi gol. Indonesia unggul 3-1.

Di masa injury time, Indonesia berhasil memperlebar keunggulan menjadi 4-1. Kali ini Putu Panji berhasil menanduk bola tendangan bebas Fabio menjadi gol. Skor 4-1 menutup jalannya babak pertama.

Memasuki babak kedua, jalannya pertandingan berjalan intens. Indonesia mendominasi jalannya pertandingan, sementara Laos juga mencoba untuk mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan.

Di menit ke-61, Timnas Indonesia berhasil memperlebar kedudukan menjadi 5-1. Josh Holong mencetak gol keduanya setelah ia memanfaatkan umpan terukur dari Daniel Alfrido.

Di menit ke-79, Mierza berhasil mencatatkan gol keenam Timnas Indonesia U-16. Lolos dari jebakan offside, sang striker berhadapan satu lawan satu dengan kiper Laos lalu melepaskan tembakan mendatar dan jadi gol. Indonesia unggul 6-1.

Meski tertinggal lima gol, Timnas Laos mencoba untuk menyerang. Namun skor 6-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. (Amin)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Indonesianews.tv merupakan portal berita dalam format full video, dengan rubrik antara lain NEWS, TALKSHOW, LIVE STREAMING, dan MAGAZINE yang dikerjakan profesional jurnalis, perwarta TV, dan webmaster.